Malam tanpa bintang tidak menyusutkan semangat untuk sang pemimpi dikala sinar lilin menerangi dan dimeriahkan paduan suara jangkrik yang bernyanyi ditengah kebisuan malam yang menunggu mentari menyambut pagi dengan semangat baru. '_'

Kamis, 07 Juni 2012

MASA-MASA YANG KUKENANG

Saat membuka mata ku tersadar bahwa ku telah berubah dari gadis remaja menjadi  wanita dewasa. Dewasa dalam ukuranku yang akan menimbulkan tawa dalam tingkahku. Tanpa aku sadari ku telah menginjakkan kaki ku di unuversitas yang pertama aku datangi membuat pusing mengenai letak dan tempat ku berpijak takut-takut akan hilang ditinggal tante yang menemaniku mendaftar dan tak tau arah pulang dengan uang seadanya hehehe, maklum aku baru datang dari kampung yang letaknya nggak jauh-jauh amat sih dari kampus yaitu Konda, salah satu kecamatan yang terletak di kabupaten konsel sulawesi tenggara dan jangan sekali-sekali mencarinya dalam sebuah rangkaian garis, huruf, simbol, gambar yang tercetak pada kertas karena mungkin masih terlupakan atau terselip dalam pembuatannya yaitu pada kertas penunjuk lokasi  yang sering disebut peta karena akan membuang- buang waktu anda.
    Bagi para penumpang yang menggunakan damri sebutan angkutan umum yang berukuran agak besar dari pete-pete yang biasanya membawa penumpang dari kendari kepelabuhan untuk pulang kampong menyebrangi derasnya gelombamg lautan setidaknya akan melewati, yaa numpang lewat githu di desa aku yang penuh kontraversi. Wahh, kayak penyiar infotaimen aja yaa hehehe, oh yaa sekedar info mengenai gambaran tempatku, Konda itu loh…. Kecamatan yang sedang dalam perluasan jalan yang belum kelar- kelar tu lapangan eh maksud aku jalan raya soalnya luas jadi kirain bisa main bola,  apakah mungkin proyeknya kehabisan uang ataukah ini bagian dari politik yang jelas jalannya belum kelar tapi uang ganti ruginya  buat rumah-rumah yang terkena gusuran sudah lama habis, tapi ada yang dah kelar yaitu jembatan baru yang sempat membuat macet daerah konda dan sekitarnya. Sudah tahu kan??? Kalau belum juga ,heem…itu,tuu tetanggaan sama Kecamatan Wolasi yang punya jurang dalam bangat dan jalan yang berliku-liku kayak lagu ular naga panjangnya bukan kepalang tapi, jangan nyanyi juga kaleee. Peringatan dilarang keras mencoba meloncat walau hanya sekedar mengukur kedalaman dijamin nggak nongol-nogol kalau Allah tidak mengizinkan.


    Entar dulu kok aku cerita tentang pembangunan sama tetangga kampong aku  sih, emangnya aku kuliah di FEKON Jurusan Ekonomi Pembangunan  dasar tidak konsisten tapi anggap saja sebagai info baru yaa, tambah-tambah pengetahuan nggak rugi juga kan tahu kampung aku hehehe…. pamer dikitlah.
     Ngomongin mengenai dewasa agak sedih juga sih kehilangan masa-masa kecil yang penuh dengan kebahagiaan, hanya tahu bermain tanpa pusing dengan urusan dunia yang kacau. Yang jelas makan, main, dan tidur sudah beres semua jadwal pekerjaan yang menungguku, beda jauh dengan sekarang yang super sibuk dengan tugas dan tugas yang pada numpuk kalau bisa ngomong tu tugas pada protes satu-satu kenapa belum dikerjakan padahal waktu ngumpulinnya sudah dekat yaa istilahnya sih kalau mahasiswa ngerjain tugas itu pake sistem kebut semalam dijamin selesai dengan hasil yaa tau kan para rekan-rekan ku sekalian, di dukung dengan bukti badan yang kurus tapi nggak kering yaaa, sibuk dengan pikiran apa dan bagaimana esok akan menyambutku apakah sesuai dengan harapan ataukah Allah memberikan yang terbaik dari yang kita harapkan. 
    Kian hari usia makin bertambah sebenarnya sih berkurang, telah banyak masa yang kita lewati bersama keluarga, teman dan orang-orang terdekat lainnya. Kata orang masa-masa yang paling indah itu masa-masa di SMA sebenarnya masa indah itu bukan hanya di SMA tapi tergantung setiap orang yang menjalaninya apakah ia merasa bahagia atau tidak, namun tidak dapat di pungkiri masa di SMA itu indah karena pada tingkatan ini kita mulai beranjak dewasa mulai mencoba-coba sesuatu hal yang menarik, mulai beorganisasi, memiliki persahatan yang saling memahami dan mulai mengenal lawan jenis yang istilah akrabnya itu pacaran. Siapa yang tidak kenal kata pacaran dari anak kecil sudah tahu yang namanya cinta mungkin pengaruh zaman dan media elektronik juga terutama TV yang lebih banyak menyajikan sinetron percintaan yang membuat anak-anak betah nungguin kapan acara kesayangannya mulai ditayangkan dan duduk manis deh di depan TV tanpa membiarkan ayahnya menonton berita bisa dibayangkan kan betapa menderitanya sang ayah kalau githu sih aku hanya bisa bilang yang tua ngalah aja yaa, anak SD sampai kakek-nenek juga tau apa itu pacaran jadi bukan hal yang umum lagi untuk dibahas.
   
    Materi ini mendapat rangking pertama untuk dibahas dalam perjalanan anak remaja, anak dewasa juga tentunya, membahas materi ini malah semua pada semangat 45 dan tidak akan luput dari kata putus-nyambung yang membuat kepala anak remaja pada puyeng dengan acara nagis-nangis, tidak disetujuilah, selingkulah, dan acara siapa rebut-merubut tidak kalah sama acara termehek-mehek di Trans TV. Tidak akan habisnya kalau membahas masalah percintaan karena cinta adalah  anugerah terindah yang dititipkan Allah kepada makhluknya dibumi, cinta bukan hanya kepada lawan jenis saja, tapi cinta pada Allah yang merupakan cinta abadi, cinta keluarga, cinta teman dan lainnya.
    Semua yang telah terjadi apakah baik atau buruk akan menjadi kenangan di masa depan yang bisa dikenang dan mengambil hikmah dari perjalanan itu agar kesalahan dimasa lalu tidak terulang dan hal yang baiknya perlu ditingkatkan lagi. Oh yaa aku lupa lagi nih,,,kan sedang bahas masalah dewasa, ngomomg-ngomong dewasa mungkin orang kalau lihat  aku pada bilang kalau aku hmmmm, kasih tau nggak yaaaaa??? Kasih tau aja deh dari pada penasaran dan pada ngambek lagi dengar baik-baik yaa, kalu orang lihat aku pada bilang kalau aku itu umurnya aja yang dah menginjak dewasa tapi muka kayak anak 17 tahunan hehehe (bohong dan narsis ) gi mana tidak orangnya kecil.
Juni 2012.
SERLIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar