Malam tanpa bintang tidak menyusutkan semangat untuk sang pemimpi dikala sinar lilin menerangi dan dimeriahkan paduan suara jangkrik yang bernyanyi ditengah kebisuan malam yang menunggu mentari menyambut pagi dengan semangat baru. '_'

Kamis, 14 Juni 2012

Sketsa dirimu di mataku

    Seakan waktu berlalu begitu cepat membawaku mengarungi panjangnya perjalanan dalam menempuh cita-cita. Waktu silir berganti dari hari kehari, minggu menjadi bulan bahkan tahun begitu pula dengan keadaanku sekarang dan orang-orang yang berada disisiku ada yang pergi dan ada pula yang datang,  yang pergi meninggalkan kenangan dan yang datang menulis lembaran cerita baru bersamaku. Begipula cerita keluarga, cinta dan persahabatan yang mengikuti langkahku di dunia-Mu yang indah beserta isinya yang merupakan mahakarya yang sempurna. Tidak akan ada pelukis seindah -Mu dan pencipta sesempurna-Mu.
    Waktu itu aku masih dalam dekapan ibuku, rengekan manjaku yang meramaikan  rumah mungil keluargaku untuk meminta sesuatu yang ku inginkan dan rangkulan pelukan ayah menjagaku dengan tangan kekarnya. Masa-masa yang sangat menyenangkan tanpa beban, namun sekarang semua berubah menjadi kesibukan bergelut dengan buku dan polpen yang merupakan jodoh bagi para pemimpi cita-cita sepertiku (pelaja rdan mahasiswa). Bersekolah mulai dari TK SD, SMP, hingga SMA dengan teman dan karakter yang berbeda-beda begitupula diperguruan tinggi, aku bertemu dengan teman baru yang tentunya memiliki perbedaan denganku dalam hal karakter, pendapat maupun sikap. Awal yang tak pernah kuduga akan menjadi sebuah persahabatan yang  indah, perkenalan yang tak terduga dari suatu pertemuan pada masa orientasi hingga membekas dalam cerita sebuah persahabatan yang terjalin tiga tahun terakhir.
    Kasih diantara kami yang tumbuh dari jauhnya perjalanan kampung halaman dan perbedaan adat dan kebiasaan yang memperkukuh perbedaan itu. Hingga ceritapun terukir dengan pasang surutnya kehendak hati, senang, sedih, kecewa, marah bahkan kecemburuan telah mewarnai hari-hari bersama mereka. Masih membekas dalam ingatan saat-saat berkumpul bersama dalam sebuah acara kecil-kecilan yang rutin membuat salah satu asrama/kos salah seorang teman menjadi bulan-bulanan segerombolan anak yang kelaparan mencari mangsa (makanan) hehehe… ya, itulah kami menghabiskan waktu senggang dengan berbagai acara untuk sekedar mengisi kampung tengah (perut) yang sedang berdemonstrasi memintah jatah makan siang seperti pemburu kuliner dengan kebersamaan, kami melewati lorong-lorongl menuju tempat  undangan yang tak pernah berbentuk selembran kertas dengan bertuliskan nama di depannya (undanagn resmi) hanya berbekal sms gratis. Makan, makan dan makan yang menjadi topik utama jika tugas-tugas sejenak meninggalkan kami dari kepenatannya, itulah hobi anak Bastra 2009 (tidak semua sih) yang terkadang  membuat tetangga-tetangga asrama menjadi bosan melihat wajah-wajah yang merasa tak berdosa meramaikan asrama dengan teriakan khas di tengah istirahat siang yang membangunkan mereka dengan tawa nyaring yang tak dapat dielakkan, lantas teguranpun menghujani tawa riang yang bersahut-sahutan bagai paduan suara di siang bolong, “jangan ribut jam istirahat ini”.
    Kerinduan yang mungkin akan kurasakan jika rentetan kalimat yang telah tersususn ber bab-bab dalam sampul merah (skripsi) telah berhasil melewati beberapa wajah-wajah yang telah memberi ilmu kepada kami selama beberapa tahun terakhir yang siap mencabik-cabik ketahanan tubuh dengan tatapan-tatapan penuh  pertanyaan yang membuat mual saat memikirkannya. Hati berdegup kencang menunggu sebuah kata yang menjadi penentu dalam perjuangan beberapa tahun dan tentunya penentu perpisahan yang entah nasib akan membawanya kemana, namun kegembiraan yang tak hanya tersirat dari wajah menggambarkan kebahagiaan yang kata-kata pun tak dapat melukiskannya. Nama-nama yang menjadi kesayangan bibir indahku( narsis) yang selalu memanggil mereka, terkadang sikap dan perkataanku yang membuat settitik air mata menetes dipipi merah sahabatku. Hati yang menjadi galau atau dilema  (nama trennya sekarang) mengucap kata “MAAF” setulus hati dan menunggu” MAAF “  darinya (korban hae).
    Nama-nama yang menjadi kenangan dalam salah satu warna pelangi dihidupku.,memberi  keceriaan dalam menapaki hariku. Bersamamu sahabat, kuucapkan terimakasih telah menjadi salah satu warna pelangiaku, menjagaku dikala susah dan membantuku dikala ku tak tahu, terimakasih untuk waktu yang kau sisahkan dalam sibukmu walau sejenak hanya untuk membantuku. Mungkin kata terimakasih dan maaf tak dapat mewakili semuanya tapi kau (sahabat) adalah hal terindah yang pernah kumiliki, membalas semuanya tak sanggup kulakukan hanya sebait doa yang kan menjagamu sahabat. Ku berharap kau akan tetap berwarna memancarkan keindahan tidak hanya setelah hujan datang namun dalam teriknya matahari hatiku kau datang menyejukkan dengan keindahanmu. 

    Sahabat-sahabatku tersayang terimakasih, terimakasih dan terimakasih buat semuanyaaaaaaaa kalian telah mengajarkan aku arti, menunggu, bersabar, memahami, walau masalah dalam diri membebani namun kalian tetap ada untukku karena kaulah sahabat sejati untukku. Terimakasih ku ucapkan terutama buat teman-teman kuliahku Linda,Yuni, Isra, Ikra, Arifin, Arwahid, Ita, Ira, Wirda, Fitri, , Susi, Rahmat, dan teman-teman lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu (cie,,, ala-ala ucapan terimakasih di skripsi pwa).
    Linda, orangnya cantik, baik, pintar, penyayang rajin dan perhatian. Dia salah satu temanku yang sering membantuku dikala susah,bingung  dia juga sebagai seorang kakak buatku yang menasehatiku di saat kusalah memiliki pendirian dan kemauan yang kuat yang dapat dicontoh. Dia berasal dari Bali, tapi besarnya di Konsel. Hobinya nonton korea kasian, apalagi filmnya Lee Min hoo heem…. kayak dia mau gilakan cian jadi jangan sekali-sekali bilang punya filmnya dan tidak memberikannya kamu akan ditagih kayak punya utang hehehe ( secara pencinta korea) dan dia akan mudah menangis kalau nonton film yang ceritanya mengenai orang tua. Linda memiliki hati yang lembut dia tidak ingin menyusahkan orang lain, terutama orang tuanya dan dia juga mandiri, tapi kami yang malah menyusahkan dia salah satunya aku.
    Yuni, orangnya cantik , baik, pintar ( secara asisten 1 MK statistik yang belum mendapat pengakuan hehehe bercanda sayang), penyayang, perhatian. Dia berasal dari Muna, Salah satu temanku yang baik sering membantuku saat susah, menasehatiku. Orangnya lembut, memiliki sifat keibuan dan rajin  sukanya nonton film india dan agak mirif-mirif aku sedikit cengeng kalau nonton flm sedih ya sering meneteskan air mata, teman curhat juga. Tidak jarang menjadi bulan-bulanan kalau sudah digoda masalah pacar yang sekarang jadi mantan teman juga sih semua pada heboh alhasil mau bilang apa yaa pasrah aja ya hehehe. Terkadang saya merasa sangat bersalah karena saya sering menyusahkannya dalam hal-hal tertentu sihingga membuatnya bingung (maaf ya),
    Isra, orangnya cantik, baik, pintar, kocak, dan sensitif mengenai masalah-masalah pribadi. Dia selalu memberikan masukan mengenai segala hal, tempat bertanya saat bingung. Dia keturunan Muna, tapi besarnya di Kendari. Orangnya asik, gokil pokoknya dan dia paling benci kalau bahas masalah mantannya, tapi aku senang godain coz seru, ya hiburan githu hehehe (mirip sih sama kasusnya yuni), seru bangat lihat tingkahnya yang keki saat kita godain lucu, lucu. Lucu ekspresinya itu, kaalu diterusin bisa-bisa nagis orangnya. Isra sangat peka terhadap masalah teman-temannya jadi dia selalu mengajak kami untuk membantu teman yang susah ( hatinya lembut) tapi kadang kalau sakit hati hmmmmm juteknya minta ampun deh. Satu lagi tentang isra dia itu panikan, sangat panik mengenai hal-hal yang sifatnya sudah “mepet” seperti masalah tugas yang belum selesai namun  akan dikumpul disarankan jangan tanya dia dulu nanti ngamuk.
    Ikra, orangnya cantik, baik, pintar, cuek dan agak manja apalagi sama teman cowokku yang satunya manja sekali cian dan dia juga hobinya  tidur (moiso dela ) miripji sama yuni, tidak bias lihat bantal nganggur. Dia berasal dari Muna, Sifatnya yang cuekbukan sama temannya aja tapi sama pacarnya aja githu dan dia selalu bilang “ saya malas pusing tidak peduli dengan orang, kalau orang mau suka saya ya suka kalau tidak ya saya tidak paksa” intinya sih mengarah kesana betul toh???. Ada cerita lucu tentang ikra, waktu itu ditraktir makan sama teman tapi dia lagi malas, ujung-ujungnya makan juga, sampai- sampai buat status di FB  tentang malas makannya kira-kira bunyinya kayak gini “ mengapa disaat aku malas makan ada yang mentraktir, tapi disaat aku mau makan tidak ada yang mentraktir” hehehe. Dia juga memiliki sifat yang tegas kalau sudah dikecewakan katanya sih dia “dikasih tobat” dan tidak akan mengulanginya lagi, tapi saya yakin sifat itu akan tersingkir oleh ketulusan dalam memahami.
    Arifin, orangnya baik, ganteng kadang dia satu-satunya cowok tercantik diantara aku, isra dan ikra karena pulangnya sering bareng secara satu arah ( bercanda), pintar, dan manja pastinya (bayangin aja ada cowok manja) maklum anak bungsu. Dia berasal dari Muna, cowok yang satu ini sering ngekorin kemana kita pergi dan sering dianiyaya juga hehehe… maksudnya digoda-goda ma mantannya teman juga sih,,,apalagi mengenai itu tuu (rahasia), tidak jarang pacarnya kena  imbas juga walhasil nama pacarnya berubah menjadi nama salah satu bedak baby lucu kan (plesetan dari namanya). Dia sering di panggil Ifin, tapi bukan saudaranya upin yaitu ipin kan beda f dan p dari huruf kedua nama mereka, upin ipin juga tidak menerima saudara baru hehehe. Kata dosenku bisa juga di panggil Arif tapi, menurutku ogah nggak cocok ma karakternya hehehe (kecuali di mesjid panggil Arif aja). Arifin juga sering menjadi korban, ya kami porotin uangnya hehehe,,,tapi dia juga mau kok jadi bukan salah kami sepenuhnya kan ( bagaimana tidak mau kalau dipaksa).

    Arwahid, orangnya baik suka menolong apalabi bagi NB-NB (notebook) yang lagi galau tanpa pernak-pernik di dalamnya dengan sedikit sentuhan tangannya insyallah masalah anda terselesaikan (lebai.com), wawasannya luas itu yang aku kagumi sama dia, dia juga ganteng toh ntar “Nda” (nama panggilan untuk pacarnya) marah lagi hehehe (ganteng beneran ji, masa cantik). Dia berasal dari Buton tepatnya Mawasangka. Sering dipanggil dengan panggilan Wahid yang artinya satu kebetulan juga dia anak satu-satunya dalam keluarganya. Dia juga memiliki sifat yang unik yaitu kalau ketawa seakan objeknya lucu bangat pokoknya gayanya lucu deh dan dia memiliki kata-kata favorit yaitu ”pake helm ki dan jangan terlalu dalam”
    Ira dan ita (IRIT),bukan irit dalam hal menggunakan Sesutu dengan hemat yaa, tapi singkatan dari nama keduanya. Mereka cantik, baik, pintar, humoris  dan penyayang, mereka berdua selalu bersama dan tidak dapat dipisahkan lebai lagi saya, ya iyalah secara tinggal bareng. Mereka berasal dari Muna , Sahabatku yang selalu membantuku menghadapi masalah. Ita orangnya penyanyang namun tidak ditunjukkan secara gamblang namun dapat di lihat dari hati dan sikapnya, ira orangnya perhatian dan manja tapi manjanya sama orang-orang tertentu aja. Satu hal yang kukagumi dari mereka yaitu sifat tegar dalam menghadapi masalah contoh mengenai penyakit.
    Wirda, orangnya cantik, baik, pintar, dan agak galak (dikitji hae). Ya maklum aja, apalagi kalau sedang praktek mengajar tatapan matanya itu loh ngeri pwa bikin jantung siswa mau copot hehehe. Dia berasal dari Sulteng, tapi SMAnya di Konsel, Ya sering digoda-goda juga apalagi dia punya pacar S2 yang orangnya tidak pernah kita lihat dan namanya tidak tahu siapa (tapi bukan anonim), jadi kita panggil S2 aja untuk  nama pacarnya .
    Fitri,orangnya cantik, baik, pintar dan orangnya asik diajak berdiskusi masalah tugas. Dia memiliki sifat yang tegas dan memiliki semangat dalam belajar, keingintahuannya kuat dalam mencari jawaban mengenai suatu hal itulah yang saya kagumi dari dia. Dia berasal dari Tomia, dia suka sama flem korea, lagu-lagunya aja di hafal walau tidak semua sih.
    Susi,orangnya cantik, baik, pintar, lembut. Dia keturunan Bima, tapi besar dikendari. Dia suka sekali sama ada band apalagi Doni yang fokalis bandnya fans berat deh (tidak tau juga kalau seberapa berat), dan namanya saja sudah kecipratan dengan Sibarani, jadi kadang kami panggil Susi Sibarani. Jangan Tanya mengenai koleksi album, video, foto, dia punya koleksinya. Satu cerita tentang dia, dia akan rela terlambat datang ke kampus kalau Doni akan tampil di TV, nonton dulu baru ngampus, dan tidak jarang juga begadang nongkrongin doni performance di TV.
    Rahmat, ngomong-ngomong tentang Rahmat dia adalah ketua tingkat anak Bastra kelas ganjil (A) 2009. Orangnya baik, cerdas, ganteng, tinggi, agak pendiam sih tapi itu dulu sekarang dia berubah 190 derajat dari kalem menjadi humoris dan gokil ya ketularan kali sama sifat gilanya teman-teman yang lain, dia menjadi tempat bertanya bila teman-teman lagi runyam dengan tugas kuliah ya kadang iseng-iseng kami sebut dia itu pembimbing 1 hehehe….dia juga memiliki sifat yang tegas dalam mempertahankan pendapat contohnya dalam diskusi, tapi dibalik semua itu ada satu sifat yang terkadang membuat teman –teman pada ngeyel yaitu sifat juteknya kalau ditanya masalah masuk atau tidak  dan masalah balas sms hmmm pada protest tuh semua. Tapi mungkin aja dia benar-benar tidak tau atau tidak punya pulsa ya kitanya aja kali yang selalu menuntut dia untuk sempurna karena dia adalah ketua tingkat, memang manusia sempurna???? Kadang juga punya khilaf dan salah bukannya belain Rahmat tapi  saya ada benarnya juga kan?.
    Itulah gambaran mengeni mereka walau hanya sekilas tapi capek juga nih ngetiknya mana gratis lagi hmmmmm. Nanti bayar ya buat namanya yang terpampang dalam tulisanku ala-ala matre hehehe (bercanda). Walau tidak secara detail menggambarkan mereka, tapi intinya saya bangga bertemu dan mengenal mereka. Dengan kisah yang berbeda, namun memiliki sedikit persamaan dalam hal percintaan yaitu selalu menjadi korban dalam hal digoda-goda kayak arisan yang menunggu giliran siapa lagi korban berikutnya, tidak terkecuali saya istilahnya “penderitaan loe kebahagiaan gue”. Saya juga minta maaf bagi teman-teman yang merasa tersinggung karena gambaran karakter kalian dalam tulisan tidak sesuai dan apabila ada kata-kata yang menyinggung perasaan maafkan yaa, bila ada kritik dan saran yang sifatnya membangun kirim aja di No HPku tahu kan nomornya??? Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan dan saya akhiri Asalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatu.

                                                                                                                               Minggu,Juni 2012.
                                                                                                                               SERLIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar